Langsung ke konten utama

Diam Kok Dosa?

Umumnya, sebagaimana ungkapan pepatah, diam itu emas. Dan nyatanya para bijak bestari memang bukan merupakan orang yang banyak berbicara apalagi membual. Mungkin akan ada puluhan pertimbangan sebelum sebuah kata keluar dari mulutnya. Betapapun, jika ditelisik lebih dalam, diam tidak selamanya baik, alih-alih dalam konteks tertentu dapat dikatakan berdosa.  
Jalaluddin Rahmat dalam bukunya Reformasi Sufistik mengungkapkan bahwa setidaknya ada empat buah diam yang menjadi dosa, yakni: pertama, diam ketika adanya kemungkaran yang dilakukan terang-terangkan di depan anda. Alquran sangat mengecam perbuatan ini “Mereka satu sama lain tidak melarang tindakan mungkar yang mereka perbuat. Sungguh amat buruk apa yang selalu mereka perbuat itu.” (QS. Al-Maidah [5]: 79).
Sejujurnya, poin pertama ini yang paling berat bagi saya karena sering diabaikan, kalau enggan berkata dilanggar. Di satu waktu saya melihat muda-mudi –terkadang pelajar, yang saya yakin bukanlah sepasang suami istri, sedang bermesraan, di lain kesempatan berpelukan. Saya tidak bisa berbuat apa-apa, bahkan cenderung menghindar; melihat sekelompok orang yang sedang bermain judi; berghibah; atau bullying. Dengan mencari-cari dalih yang sebenarnya semakin menguatkan kepengecutan saya, tak ada aksi nahi munkar yang saya perbuat, saya tak berdaya. Walaupun bukan berarti menandakan bahwa saya menyetujui perbuatan-perbuatan tersebut. Saya senantiasa mengingkarinya di dalam hati, pun dalam sejumlah kesempatan saat saya menjadi pembicara atau pengajar.



Beberapa kolega menganggap saya kurang holistik dalam memaknai pesan Alquran karena menurutnya, selain harus menjunjung tinggi amr ma’ruf  juga perlu melakukan nahi munkar. Mereka merasa orang-orang semacam saya, para cendekiawan –terlebih yang liberal, atau ustadz-ustadz mainstream hanya kuat di amr ma’ruf tapi lemah di nahi munkarnya. Kata mereka hanya Habib Rizieq Shihab beserta followernya yang gigih pantang mundur meski dikecam banyak pihak menyemarakkan nahi munkar, yang mungkin jika tidak ada dia, kemungkaran di Indonesia semakin menjamur saja yang lama-kelamaan bisa jadi dianggap sebagai suatu kewajaran –diperbolehkan. Bukankah tinja yang dihirup terus-menerus, lama-kelamaan tidak akan terasa bau lagi? Yang terakhir ini sebenarnya tidak akan terjadi jika aparat kepolisian dapat menegakkan hukum setegak-tegaknya dan seadil-adilnya. Sayang, para kenyataannya tidaklah begitu.
Kedua, diam itu menjadi dosa jika berkenaan dengan informasi yang diperlukan masyarakat. Kang Jalal mengutip sebuah hadits “berdosalah seorang berilmu yang diam, tidak mengajarkan ilmunya; seorang yang tahu jalan yang tidak mau memberikan petunjuk; seorang yang melihat kebusukan dan tidak melaporkannya.” seperti sarjana yang lebih senang menghabiskan hidupnya untuk bersenang-senang/berpesta-ria, terus-menerus mengupload foto selfienya saat travelling dibanding mengabdi (melatih atau mengajar keterampilan kepada warga yang membutuhkan).
Ketiga, ketika tidak mau berbicara karena tidak berkaitan dengan keuntungan dirinya. Kang Jalal mengutip pernyataan seorang sufi besar, Jalaluddin Rumi yang mengatakan bahwa Allah menyebut ...sesungguhnya suara yang paling buruk adalah suara keledai (QS. 31: 19). Konon ketika semua makhluk diciptakan, mereka diberi kemampuan untuk mengeluarkan suara. Ketika suara mereka keluar pertama kali, semua makhluk memuji dan mengagungkan Tuhan kecuali keledai. Keledai hanya mau bersuara jika lapar atau ingin memuaskan nafsunya.
Ketika ada seorang mahasiswa yang nyaris di drop out karena tidak bisa membayar uang semesteran misalnya, tidak banyak yang peduli. Mereka tengah sibuk di dunianya masing-masing, ada yang mengejar IPK tinggi, ada yang gemar keluyuran –nongkrong sana nongkrong sini. Ketika diajak untuk menuntut keadilan atau lobi keringanan, mereka menghindar. “It’s not my business bro.” katanya. Ketika ada rumah warga yang terkena gusur dan tidak mendapat ganti yang sewajarnya, mereka bungkam. Tetapi ketika dihadapkan pada persoalan gajinya yang tak kunjung diterima, barulah ia angkat bicara. Ketika ada gereja yang diteror atau dirusak, mereka membisu tetapi saat ada masjid yang dibakar, mereka langsung reaktif. Rupaya, ungkap Kang Jalal, suara kerasnya itu hanya suara keledai, berbunyi saat merasa lapar, merasa terancam, atau nafsu belaka.
Keempat, diam itu dosa ketika anda tidak mau mengakui kesalahan yang anda lakukan di mana kesalahan tersebut sangat merugikan masyarakat, semisal membuang sampah sembarangan yang menyebabkan banjir bandang, menimbun barang yang sangat diperlukan oleh masyarakat, atau pemerintah yang menjual tanah warga untuk kepentingan para pembisnis.
Bekasi, 26 April 2017




sumber gambar: www.bantuanhukum.or.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah bertuhan? Juga Perlukah Beragama?

#BookReview ke-2 Awalnya saya ragu untuk me-review buku The God Delusion karangan Richard Dawkins, seorang ateis ahli etologi asal Inggris, yang dapat dikatakan merupakan salah satu “kitab sucinya” para ateis kontemporer. Untuk itu sedari awal saya hendak memberi tahu bahwa upaya pe-review-an buku jenis ini bukan berarti sebuah ajakan untuk menjadi seorang ateis, bukan, melainkan undangan kepada para pembaca, khususnya umat muslim, untuk dapat memeriksa kembali keyakinannya. Apakah benar keyakinan akan keislamannya dapat dibuktikan, didemonstrasikan atau sekadar keyakinan taken for granted dari orangtua dan lingkungannya. Frasa “agama warisan” yang pernah dituturkan Afi Nihaya Faradisa, remaja SMA yang sempat viral beberapa bulan lalu, mungkin cocok untuk menggambarkan persoalan ini. Buku hasil terjemahan Zaim Rofiqi setebal 522 halaman ini diterbitkan oleh penerbit Banana pada tahun 2013 berkat sokongan Dr.Ryu Hasan, seorang dosen di Universitas Airlangga yang diduga kuat j

ORGANISASI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

  ORGANISASI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA MAKALAH Diajukan untuk memenuhi salahsatu tugas kelompok mata kuliah Sejarah Pendidikan Islam yang diampu oleh Dr. H. Syahidin, M.Pd   dan Mokh. Iman Firmansyah M.A g Disusunoleh Kelompok 9 M. Jiva Agung                        (1202282) Eneng Dewi Zaakiyah            (1202855) PROGRAM STUDI ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG 2014 KATA PENGANTAR             Puji dan syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat-Nya lah penyusun telah mampu menyelesaikan makalah kelompok ini. Shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw. Makalah yang berjudul “Organisasi dan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia” ini disusun untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Sejarah Pendidikan Islam. Adapun makalah ini membahas mengenai berbagai m

Sapi dalam pandangan islam

Dalam Al-Qur’an, terdapat sebuah surat panjang yang diberi nama sapi (Al-Baqarah) yang secara umum menceritakan tentang kisah Bani Israil dan Nabi Musa. Banyak hikmah yang dapat diperoleh setelah memahami isi kisahnya. Salah satunya adalah mengenai sikap Bani Israil terhadap binatang ini. Quraish Shihab dalam bukunya Dia dimana-mana menyatakan bahwa Bani Israil ingin meniru kaum Kan’an dalam hal membuat berhala. Pada masa itu kaum tersebut –Kan’an- menyembah berhala, antara lain yang terbuat dari tembaga dalam bentuk manusia berkepala lembu, yang duduk mengulurkan kedua tangannya bagaikan menanti pemberian. Shihab melanjutkan bahwa Bani Israil ini bermaksud untuk menandingi dan melebihi kaum Kan’an itu dengan membuatnya lebih hebat karena yang mereka buat adalah patung anak lembu yang terbuat dari emas dan bersuara, sedang milik orang Kan’an hanya terbuat dari tembaga dan tidak bersuara. [1]           Maka dari itu amat wajar jika Nabi Musa memarahi mereka tatkala beliau turun da